Cara Optimalkan Blog Baru Agar Terindex Google

Pada postingan kali ini saya akan mencoba membagikan tips untuk para blogger pemula setelah membuat blog dan menerbitkan artikel. Karena saya masih melihat banyak para blogger pemula yang benar - benar awam dan masih belum mengetahui apa yang harus di lakukan setelah membuat blog. Baiklah silahkan perhatikan langkah - langkah di bawah ini untuk mengoptimalkan blog baru anda.

Optimalkan Blog Baru

1. Masuk google webmaster tool dan submit alamat blog


Setelah anda selesai membuat blog, langkah berikutnya silahkan masuk akun Google Webmaster Tool dan daftarkan alamat blog yang baru saja anda buat tersebut disana.

Dengan google webmaster tool, interaksi robot pencari google dan blog yang kita miliki mudah untuk di monitor dan jika terjadi error atau kesalahan terhadap blog kita bisa terdeteksi.

2. Submit Alamat Blog Ke Mesin pencari Google


Langkah kedua yang harus dilakukan setelah blog selesai anda buat adalah, mensubmit alamat url blog cukup satu kali submit saja ke search enggine Google. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke alamat https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url.
  2. Silahkan masukan alamat url blog anda pada kotak yang disediakan, kemudian jangan lupa masukan juga kode captcha pada kotak yang tersedia, dan terakhir jika sudah tekan tombol "Submit Request", jika anda berhasil blog anda sudah dikenali oleh mesin pencari google.

3. Submit Alamat Url Artikel baru pada mesin pencari


Setiap kali anda selesai membuat artikel lakukan hal yang sama pada tahap 2 diatas, tapi URL yang dimasukan adalah alamat URL yang artikel yang sudah kita terbitkan. Tujuannya adalah agar artikel yang anda buat cepat terindex dan dikenali oleh mesin pencari google dalam hal ini.

4. Submit Sitemap blog ke google webmaster tools


Sitemap adalah peta situs yang menjelaskan isi blog anda, peta situs akan membantu mempermudah mesin pencari ketika mereka menelusuri kembali isi blog anda, untuk mensubmit sitemap pada google webmaster tool ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke akun google webmaster tools anda
  2. Pilih dan klik Blog anda pada daftar
  3. Pilih menu "Crawl" kemudian pilih submenu "Sitemaps"
  4. Cari dan tekan tombol "Add/Test Sitemap" kemudian tulis sitemap.xml saja pada kotak isian yang disediakan, kemudian tekan tombol "Sumbit Sitemap" jika sudah selesai.
Lakukan Resubmit sitemap setiap kali ada penambahan 5 artikel yang anda terbitkan, ini agar robot google mudah untuk mengindex blog anda.


Demikan postingan saya tentang Cara Optimalkan Blog Baru Agar Terindex Google apabila ada kesalahan saya mohon maaf dan semoga artikel ini bisa membantu anda.

No comments:

Post a Comment